Wednesday, October 6, 2010

Tips Bangun Pagi

Kata si mamah anak perawan pamali bangun siang, nanti rejekinya di patok ayam. Padahal ayam juga abis berkokok tidur lagi, ga percaya? Sok ajah perhatiin ayam tetangga.

Bangun pagi untuk beberapa orang mungkin jadi hal yang mustahil untuk dilakukan. Banyak alasan yang mendasari kenapa orang-orang ga bisa bangun pagi.


Pertama, mungkin saja dia insomnia. Kedua, emang kebo alias susah bangun alias tidurnya suka kepulesan. Ketiga, males bangun pagi (mau jadi apa kamu nak males-males gitu). Keempat, kebanyakan makan-minum zat perangsang (rokok, kopi, cokelat, softdrink). Kelima, emang udah kebiasaan bangun siang.

Kamu mungkin punya alesan sendiri kenapa ga bisa atau ga mau bangun pagi. Padahal bangun pagi punya banyak manfaat yang bisa kamu dapetin.

Misalnya, kamu bisa menghirup udara yang lebih segar di pagi hari yang otomatis akan buat tubuh dan pikiran kamu lebih sehat juga. Kedua, bangun pagi itu bisa mem-booster mood karena kamu jadi punya waktu untuk melakukan ritual-ritual sebelum berangkat ke kantor atau kampus sehingga mood seharian ga berantakan. Ketiga, melatih disiplin, yang uda punya janji jadi ga telat, yang musti masuk kantor ga perlu potong gaji karena telat ngantor, yang kuliah pagi ga perlu absen. Keempat, kamu ga kehilangan banyak waktu, waktu yang semestinya bisa kamu pake untuk hal-hal yang lebih bermanfaat ketimbang tidur.

Nah, buat kamu yang susah bangun pagi, ga usah resah apalagi gelisah mikirin ayam tetangga karena saya mau bagi-bagi tips biar kamu-kamu bisa bangun pagi nih.

1. Pasang alarm henpon, weker, dan semua bunyi-bunyian yang kamu punya dengan volume paling besar. Hal ini yang paling biasa banget dilakuin orang-orang yang susah bangun pagi. Tapi kadang bunyi-bunyian ini ga ngaruh sama sekali buat bikin kamu melek. Paling banter, melek bentar - pencet weker - bobo lagi.

2. Taro weker, alarm, dan bunyi-bunyian yang lain ditempat yang aga jauh dari tempat tidur kamu. Otomatis, mau gak mau, suka ga suka ketika weker kamu bunyi kamu dipaksa bangun - berdiri - jalan agak jauh buat matiin weker.

3. Taro baskom berisi air di deket weker dan alarm. Ketika weker kamu bunyi kamu bisa langsung nyelupin kepala kamu dalem baskom. Kalo menurut kamu nyelupin itu terlalu ekstrim, paling ga kamu bisa nyolek-nyolekin aernya ke mata kamu ampe melek.

4. Pelihara ayam jago. Jangan mau harga diri kamu dikalahin ama si ayam. Kalo perlu kamu yang bangunin si ayam.

5. Minta kekasih tersayang, sahabat terdekat, atau anggota keluarga kamu dirumah buat bangunin. Caranya macem-macem, minta ditelepon dengan kata-kata mesra oleh kekasih tersayang misalnya. Atau minta si mamah kelitikin telapak kaki sampe kamu bangun. Atau minta sahabat-sahabat kamu bangunin pake peralatan dapur sampe kuping kamu sakit.

6. Jangan tidur malem-malem. Usahakan kamu tidur di jam yang sama setiap harinya sehingga tidur kamu cukup dan bisa bangun tepat pada waktunya.

7. Jangan tidur dalam keadaan kelaparan atau kekenyangan. Perut lapar bisa bikin susah tidur. Perut kenyang bisa bikin cepat ngantuk sehingga pola tidur yang sudah dibentuk jadi kacau.

8. Untuk pecandu kopi, rokok, cokelat, dan teman-temannya, sebaiknya dikonsumsi enam sampai delapan jam sebelum waktu tidur agar efek kafein tidak membuat kamu untuk sulit memejamkan mata.

9. Niat yang kuenceng buat bangun pagi. Wong bangun buat saur kemaren aja bisa, ko yah sekarang ndak bisa lagi bangun pagi. Kalo perlu rencanakan kegiatan yang akan kamu lakukan ketika bangun pagi, sehingga pas bangun kamu ga jetlag mau ngapain.

Was wes wos. Gampang toh?? Satu lagi yang menurut saya penting sih, bersyukur ketika masih bisa bangun di pagi hari. Karena kamu ga tau kapan saatnya kamu tidur dan ga bangun lagi.

Kalo kamu punya cara laen yang lebih kreatip buat bangun pagi, boleh atuh bagi-bagi disini. Saya mo nerusin kerjaan dulu. Hihihi.


* pic taken from here

2 comments:

  1. SIP. Bagus bgt tips biar bisa bangun pagi, Chie! Mau coba dipraktikin ahh..
    Aku paling susah kalo bangun pagi. Soalnya tidurnya udah pagi jg, hahaha! Tapi kalo udah kepepet bangun pagi bisa jg sihh, hehehe :D

    ReplyDelete
  2. @aldriana : hihi kalo kepaksaaaa banget mau ga tidur juga dijabanin ya :p

    ReplyDelete