Tuesday, June 29, 2010

Foodcourt @ Setu Babakan

Saya lagi kepengen ini.


Bukan kepengen abangnya, tapi kepengen anunya.


Cahkwe-nya. Ngeres aja sih pada. Hahaha.


Saya nemu cahkwe yang pendek-pendek itu di Setu Babakan. Setu yang terletak disamping sebuah perkampungan budaya Betawi dimana seluruh bangunan dan jajanannya bergaya Betawi. Setu yang cukup besar di daerah Srengseng Sawah, Lenteng Agung. Setu yang (menurut saya) ga asik buat tempat pacaran.

Kenapa?

Pertama, saya ga punya pacar.
Kedua, takut digigit nyamuk demam berdarah.
Ketiga, banyak yang liatin, malu sayah :p
Keempat, udah ah cukup segitu curhatnya.

Buat saya yang tinggal di daerah timur, perjalanan ke Setu Babakan jadi pe-er banget buat saya yang kecerdasan spasialnya nol besar. Namun semua itu ga jadi masalah ketika melihat deretan jajanan beraneka ragam khas Betawi layaknya foodcourt di mall-mall. Ada sotomie, kerak telor, roti buaya, bir pletok bahkan soto betawi juga ada.

Saya sebenernya pengen nyobain semua makanan disana, tapi kok yaaaaa errrrr saya sepertinya perlu mikir seribu kali gitu. Bukan apa-apa, saya cuma merasa tempatnya kurang bersih. Banyak tempat makan yang berdekatan dengan tong sampah. Bahkan jelas-jelas ada beberapa yang berjualan di depan WC Umum.

Akhirnya, setelah jauh jauh dateng kesana saya cuma makan kerak telor, cahkwe itu, dan burger. Iya, abang burger yang di goes pake sepeda ituloh. Tapi kenikmatan makan saya lagi-lagi berkurang mengingat saos yang dioleskan diburger saya adalah saos botolan yang ga da rasanya. Bukan saos seperti yang ada di rumah saya. Saya coba maklum, mungkin apa yang mereka hasilkan ga seberapa dibandingkan apa yang dikeluarkan jika pake saos yang lebih bermerk.

Saya cukup nelen ludah aja deh.

Sayang bener ya. Padahal Setu Babakan ini indah loh.



Setu Babakan ini sebenernya bisa jadi salah satu tempat wisata keluarga yang menyenangkan sekaligus aset yang menjanjikan buat negara. Tentunya jika sedikit lebih tertata dan bersih seperti Perkampungan Betawi yang terletak di samping setu.

Kalo kamu masih penasaran, ga rugi juga kalo sekali-kali dateng ke foodcourt di Setu Babakan. Selain murah meriah, kamu juga jadi lebih tau tentang budaya Betawi.

9 comments:

  1. jakbar ya? ada halte transjakarta ga? balas di blog saya ya ci :)

    tengkyu

    ReplyDelete
  2. ci.. kok bahasa lo jadi garing gitu sih..?

    aneh gw bacanya..

    ReplyDelete
  3. @bia : ini hanya masalah selera bi.. gw cuma coba nulis seperti apa yang ada dikepala gw waktu itu..

    ReplyDelete
  4. stelah gw baca2 lg..
    parah juga perut lo ya?

    udah cakwe, kerak telor, burger.. eh, di depannya pake kata 'cuma'... hyhy.. ingt angka lo dah gede ci..

    ReplyDelete
  5. @bia : sial, ada juga yang sadar.. hahahaha.. itumah baru cemilan bi, belum makan besar hihihi.. tadinya mo gw jajalin satu2 makanannya, tapi keburu ilpil.. :p

    ReplyDelete
  6. gw pernah chi ke setu babakan.
    sayangnya untuk ngelayat, bukan untuk jalan2 :(

    ReplyDelete
  7. next time berati harus jalan2 kesana dong syl ;p

    ReplyDelete
  8. saya adalah orang jenius yang ke-8 yang berkomentar *bangga*

    prasa'an kok saya pernah ke setu babakan ini ya? apa cuma pernah liat di tipi ya? yg jelas, kalo kamu mencari cakwe ter-endang yg pernah dibuat manusia bumi, datanglah ke rumah mertua saya di daerah Pondok Bambu.

    Bukaaan, bukan mertua saya yg bikin, tapi jajanan cakwe deket rumahnya tuh sumpah enak bangetttt!! duh jadi pengen.....

    .

    ReplyDelete
  9. @mba de : hahaha, kirain mertuanya yang bikin, baru aja mo minta kirimin :p pondok bambu sebelah mananya mba de ituh abang cakwenya???

    ReplyDelete